Seminar Nasional : Metode Dakwah bagi Masyarakat Plural

Seminar ypkpiBertempat di Hotel Grasia Semarang, Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Jawa Tengah bekerjasama dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo Semarang pada hari Selasa 27 Agustus 2013 mengadakan Seminar nasional dengan tema “Metode Dakwah bagi Masyarakat Plural”.

Hadir sebagai pembicara antara lain, Dr. KH. Syukriadi Sambas (UIN Bandung), M.Si, DR. Mu’inudinillah Basri, MA (Pascasarjana UMS) dan Dr. H. Muhammad Sulthon, M.Ag (IAIN Semarang) dengan moderator Sarjuni, M.Ag (UNISSULA).

Seminar ini berlangsung sangat menarik dimana peserta yang hadir sebagian besar adalah para da’i ataupun pendakwah, akademisi, pengurus (takmir) masjid, organisasi keislaman dan lembaga-lembaga keagamaan (Islam) di Jawa Tengah. Pembicara pertama, Dr. KH. Syukriadi Sambas menyampaikan makalah dengan judul ” Masyarakat Plural dan Potensi Konflik Sosial” dalam makalahnya beliau mengatakan bahwa Sunnatullah dakwah bila diimplementasikan dalam proses dakwah intra dan antar budaya maka akan menghindarkan konflik internal dan antar masyarakat yang majemuk.

Pembicara ke dua, DR. Mu’inudinillah Basri, MA menyampaikan materi mengenai Fiqh Da’wah pada Masyarakat Plural, berbagai permasalahan diungkap beliau terkait dengan permasalahan diseputar dakwah yang beliau pernah lakukan. pembicara terakhir Dr. H. Muhammad Sulthon, M.Ag memberikan materi mengenai Metode Dakwah Pluralis.